Rabu, 30 November 2011

Teori Iklan A-T-R ( Awareness, Trial, Reinforcement) & Contohnya


Teori ini mengajarkan bahwa khalayak itu dapat dipengaruhi oleh iklan, hasilnya kita akan menemukan sekelompok orang yang relatif tetap memakai atau membeli produk-produk hasil iklan tersebut. Untuk mendapatkan kelompok orang yang menggunakan produk atau jasa secara tetap harus dilakukan tehnik penyampaian pesan yang disebut A-T-R ( Awareness, Trial, Reinforcement).

Upaya pertama, menggugah kesadaran (Awareness) khalayak bahwa produk yang diinginkan itu ada di sekeliling mereka.
Harapan kedua ialah setelah menggugah kesadaran, setiap iklan harus kuat mempengaruhi khalayaknya terutama segi konatifnya sehingga khalayaknya langsung mencoba (Trial) proses yang ditunjukan menurut iklan tersebut.
Harapan ketiga adalah proses peneguhan/pengukuhan (Reinforcement) iklan yang ditampilan harus mempunyai kekuatan peneguh sikap tertentu (sikap positip terhadap produk).

"Untuk memperkuat sikap yang mengikuti pola perilaku yang diinginkan pengiklan dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan mengulangi pembelian" dan untuk membantu memastikan "bahwa merek tetap dipertahankan dalam repertoar merek pelanggan '" (Prof. Janet Hoek, 1999, pp.26-27. University of Otago (social science)).

Contoh Iklan:

Iklan Pepsodent




Iklan Aqua

3 komentar: